Monday, July 16, 2012

Superhero DC dan Marvel

Siapa yang tidak kenal Batman, Superman, Spiderman, X-Men, dan Hulk? Begitu banyak action figure, pakaian, topeng, boneka, sampai sandal jepit bergambar tokoh-tokoh fantasi tersebut. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya superhero itu terbagi menjadi 2 kelompok besar? Kelompok itu adalah DC dan Marvel.

DC Comics pada mulanya hanya berisi komik-komik tentang detektif, baik itu penyelidikan tentang pembunuhan ataupun perselingkuhan. Namun seiring waktu, DC mulai membuat tokoh-tokoh baru, yaitu superhero yang kita kenal saat ini. Superman, Batman, Wonder Woman, Green Lantern, Martian Manhunter, The Flash, Aquaman adalah para superhero DC. Tidak ketinggalan mereka juga membuat para villain atau tokoh jahat. Kita pun mengenal Joker, Penguin, Lex Luthor, Mr. Freeze, Bane, dll. Bagi anak sekarang, mungkin mereka hanya mengenal Superman, Batman, Wonder Woman, dan Green Lantern saja, karena mereka lah yang dibuatkan film khusus. Namun coba tengok ke animasi DC, seluruh superhero DC bergabung dalam suatu tim yang bernama Justice League of America (JLA).


Di lain sisi, Marvel comics akhir-akhir ini justru menjadi lebih terkenal dibandingkan DC. Seperti yang kita tahu, berbagai macam superhero Marvel telah diangkat ke layar lebar. Sebutlah Spiderman, X-Men, Daredevil, Elektra, Hulk, Punisher, Wolverine, Iron Man, Captain America, dan yang terakhir adalah Avengers. Avengers sendiri merupakan kumpulan dari beberapa superhero Marvel, yaitu Iron Man, Hulk, Captain America, Thor, dll. Selain Avengers, ada pula X-Men, yaitu sekumpulan orang dengan kemampuan khusus yang berasal dari mutasi gen. Di X-Men kita mengenal Wolverine, Cyclops, Profesor X, Magneto, Mystique, Jean Grey, Storm, dll.


Lalu, dari kedua komik ini, muncullah suatu hal baru yang disebut Amalgam Comics. Amalgam sendiri adalah komik crossover antara DC dan Marvel. Mereka pada mulanya diceritakan berasal dari dunia parallel dimana mereka saling menumpas kejahatan. Karena suatu hal, 2 dunia tersebut bergabung dan terjadilah pertarungan antara DC dan Marvel. Pada akhirnya yang terjadi justru adalah penggabungan antara dua superhero atau lebih menjadi seorang tokoh baru.

Di Amalgam comics, kita akan menemui Spider Boy, Bruce Wayne agent of Shield, Amazon, dll. Menarik jika kita menerka-nerka tokoh ini adalah gabungan dari tokoh ini dan ini. Silakan mengexplore lebih jauh.


No comments:

Post a Comment